ANGKA PARTISIPASI KASAR (APK) ANAK USIA DINI DI SULAWESI TENGAH
PDF

Kata Kunci

Partisipasi Kasar PAUD
Pendidikan Anak Usia Dini Sulawesi Tengah
PAUD

Bagaimana Mengutip

Latief, J., ., A., & Awalunisah, S. (2019). ANGKA PARTISIPASI KASAR (APK) ANAK USIA DINI DI SULAWESI TENGAH. Bomba: Jurnal Pembangunan Daerah, 1(2), 65-73. Diambil dari http://jurnalbppid.sultengprov.go.id/index.php/bomba/article/view/23

Abstrak

Intisari

Tulisan ini bertujuan membahas bagaimana partisipasi kasar pendidikan anak usia dini di Sulawesi Tengah. Metode penulisan yang digunakan adalah bersifat konseptual yang bersumber dari buku, berita, bahan bacaan lain dan observasi yang berkanaan dengan upaya pemerintah dalam mengembangkan pendidikan anak usia dini di Sulawesi Tangah. Upaya pemerintah dalam partisipasinya terhadap peningkatan pendidikan anak usia dini pada tahun 2011-2017 sangat signifikan.. Pada tahun 2011, Angka Partisipasi Kasar masih sebesar 42,82%, 2012 naik menjadi 55,12%, 2013 jadi 63,20%, lalu 2014 naik lagi jadi 76,41% , kemudian 2015 telah mencapai 85,41% dan 2016-2017 telah mencapai 88,12%. Selanjutnya terlihat pada data kementerian pendidikan dan kebudayaan sekretariat jenderal pusat data dan statistik pendidikan dan kebudayaan tahun 2018 dan 2019, Sulawesi Tengah mencapai angka pertisipasi kasar Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbud 32,41 sementara Kemendikbud ditambah dengan Kemenag 34,14. Dari angka tersebut terlihat Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini Sulawesi Tengah  menurun selama 2 tahun terakhir. Namun pemerintah Sulawesi Tengah terus berupaya untuk meningkatkan kembali perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini di Sulawesi Tengah.

 Kata Kunci: Partisipasi Kasar PAUD, Pendidikan Anak Usia Dini Sulawesi Tengah

 Abstract

This paper aims to discuss how the gross participation of early childhood education in Central Sulawesi. The writing method used is conceptual in nature which is sourced from books, news, other reading material and observations that are related to the government's efforts in developing early childhood education in Central Sulawesi. The government's efforts in participating in improving early childhood education in 2011-2017 are very significant. In 2011, the Rough Participation Rate was still 42.82%, 2012 rose to 55.12%, 2013 to 63.20%, then 2014 rose again to 76.41%, then 2015 has reached 85.41% and 2016-2017 has reached 88.12%. Furthermore, it can be seen in the data of the ministry of education and culture of the secretariat general of the education and cultural data and statistics centers in 2018 and 2019, Central Sulawesi has achieved a gross participation rate in the Ministry of Education and Culture Early Childhood Education 32.41 while the Ministry of Education and Culture is added by the Ministry of Religion 34.14. From these figures it can be seen that Central Sulawesi's Early Childhood Rough Participation Rate has declined over the past 2 years. But the Central Sulawesi government continues to strive to increase the development of Early Childhood Education in Central Sulawesi.

Keywords: Participation Rough Early Childhoood Education, Early Childhood Education Central Sulawesi

PDF

Referensi

Walter, F., & Wrester, F. (2009). Early Childhood Development : the Journal of Childhood Development, 23(232), 23. doi:10.1016/S0140-6736(11)61450-5
Blank, J. (2010). Early childhood teacher education: Historical themes and contemporary issues. Journal of Early Childhood Teacher Education, 31(4), 391–405. doi:10.1080/10901027.2010.523772
Barnett, W. S., & Belfield, C. R. (2006). Early childhood development and social mobility. The Future of children / Center for the Future of Children, the David and Lucile Packard Foundation, 16(2), 73–98. doi:10.1353/foc.2006.0011
Yelland, N. (2002). Against the tide: new ways in early childhood education. Critical Issues in Early Childhood Education.
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103–111. doi:10.22146/bpsi.10567
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif : Teori Piaget, 3, 27–38.
Brown, C. S., Cheddie, T. N., Horry, L. F., & Monk, J. E. (2017). Training to Be an Early Childhood Professional: Teacher Candidates’ Perceptions about Their Education and Training. Journal of Education and Training Studies, 5(6), 177. doi:10.11114/jets.v5i6.2308
Latief, Abdul, Juraid., Amrullah, Awalunisah, Sita. (2019). Kebijakan Pemerintah Sulawesi Tengah Terhadap Pembangunan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–6.
Muhamad Arifin Salimi. (2016).Islam Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini ( Studi Pada Bustanul Athfal ‘ Aisyiyah Karanganom Di Desa Karanganom , Karanganom , Klaten , Jawa Tengah ) Diajukan Dalam Rangka Menyususn Tesis Guna Memperoleh Gelar Magister Pendidikan Islam
Rifai, A. (2003).Implementasi Kebijakan Peneyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini di Sulawesi Tengah. Journal Katalogis, Volume 5 Nomor 1 34–43.
Kemendikbud.(2019). Apk paud. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Sekretariat Jenderal Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.