KESULITAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENULIS KARYA ILMIAH SEBAGAI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL DI KABUPATEN TOLITOLI
PDF

Kata Kunci

guru
karya ilmiah
kompetensi profesional

Bagaimana Mengutip

Marto, H. (2019). KESULITAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENULIS KARYA ILMIAH SEBAGAI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL DI KABUPATEN TOLITOLI. Bomba: Jurnal Pembangunan Daerah, 1(2), 84-89. Diambil dari http://jurnalbppid.sultengprov.go.id/index.php/bomba/article/view/27

Abstrak

Intisari 

Guru merupakan  sosok yang memegang peranan penting dalam dunia pendidikan.  Penulisan bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah sebagai wujud pengembangan kompetensi profesional ; 2) pemahaman guru mengenai pengembangan kompetensi profesional; 3) kesulitan  guru dalam menulis karya ilmiah sebagai pengembangan kompetensi profesional; 4) upaya Kepala Dinas Pendidikan dalam mengatasi permasalahan kemampuan menulis karya ilmiah guru sebagai pengembangan kompetensi profesional. Penelitian  ini merupakan penelitian kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik  pengumpulan  data  melalui  wawancara,  observasi,     dan  dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi dengan analisis data interaktif kualitatif. Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa; 1) Kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah yaitu penelitian tindakan kelas; 2) Pemahaman guru mengenai pengembangan kompetensi profesional masih kurang; 3) kesulitan guru sekolah dasar  dalam menulis karya ilmiah sebagai pengembangan kompetensi profesional, yaitu keterbatasan waktu, rendahnya motivasi, kurangnya pemahaman mengenai kompetensi profesional, keterbatasan mengembangkan ide dalam menulis karya ilmiah; 4) Upaya yang ditempuh Kepala Sekolah antara lain: mengikutsertakan guru ke dalam sosialisasi, seminar, dan workshop terkait  dengan penulisan karya ilmiah; mengikutsertakan guru dalam pelatihan, diskusi  yang diadakan dari luar sekolah  yang berhubungan dengan penulisan karya ilmiah. Sebaiknya ada upaya lain dengan  memberi  kesempatan pada  guru  untuk  mengikuti lomba  yang  berkaitan dengan menulis dan menggiatkan budaya literasi.

Kata kunci :, guru, karya ilmiah, kompetensi profesional,

 

ABSTRACT

The teacher is a figure who plays an important role in the world of education. Writing aims to describe: 1) the ability of teachers to write scientific work as a form of developing professional competence; 2) teacher understanding of developing professional competence; 3) the teacher's difficulty in writing scientific papers as developing professional competence; 4) the efforts of the Head of the Education Office in overcoming the problem of the ability to write scientific papers of teachers as developing professional competence. This research is a qualitative research. The research design used is descriptive. Data collection techniques through interviews, observation, and documentation. Data validity uses triangulation with qualitative interactive data analysis. The results showed that; 1) The teacher's ability to write scientific papers, namely classroom action research; 2) Teacher's understanding of developing professional competence is still lacking; 3) the difficulty of elementary school teachers in writing scientific papers as developing professional competence, namely limited time, low motivation, lack of understanding of professional competence, limitations in developing ideas in writing scientific papers; 4) The efforts taken by the Principal include: involving teachers in socialization, seminars, and workshops related to writing scientific papers; involving teachers in training, discussions held from outside the school related to writing scientific papers. There should be other efforts by giving teachers the opportunity to take part in competitions related to writing and promoting literacy culture.

Keywords: teacher, scientific work, profesional competence

PDF

Referensi

Ariffianto, Mahar dan Corry Liana. 2015. Profesionalisme Guru Sma Di Lamongan Pada Masa Orde Baru Pelita V &Vi (Tahun 1989 sampai 1998). Jurnal Pendidikan Sejarah, Vol. 3 No. 3, hal. 396. Diakses tanggal 2 Oktober 2019
Asmarani, Nur’aeni. 2014. Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan FIP UNP Volume 2 Nomor 1, Juni 2014 , hal.509
Buchari, Alma. 2009. Guru Profesional Menguasai Metode Dan Terampil
Mengajar. Bandung : Alfabeta
Budiharso, Teguh. 2009. Panduan Lengkap Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta : Venus
Dewojati, cahyaningrum. 2012. Panduan Penulisan Ilmiah Dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Javakarsa Media
Jacob, Cornelis. 2009. Meningkatkan peran sera guru dalam karya ilmiah. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/507161976031CORNELIS_JACOB/meningkatkan_peran_serta_guru_dlm_karya_il miah.pdf. di akses 27 Juli 2019.
Hasia.M , 2019. Perkembangan Guru Matematika Era 4.0. Makalah pada Seminar Nasional ke 7 Universitas Tadulako Palu, 5 Oktober 2019.
Larasati, Rahma Titi. 2014. “Faktor-Faktor Penghambat Penulisan Karya TulisIlmiah Dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Sekolah Dasar Negeri Lempuyangwangi Yogyakarta”. Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta
Marijan. 2012. Cara Gampang Pengembangan Profesi Guru. Yogyakarta : Sabda Media
Noorjannah, Lilis. 2014. Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di Sma Negeri 1Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity ISSN 0216-8995 volume 10 no.1 hal. 100
Taniredja, Tukiran Dkk. 2016. Guru Yang Profesional. Bandung : Alfabeta
Zahroh, Aminatul. 2015. Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profeionalisme Guru. Bandung : Yrama Widy
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.