Abstrak
The implementation of public services at the sub-district government level is the spearhead of excellent service to the community, but unfortunately the quality of service at the sub-district level has received a lot of sharp attention from service users, namely the community, this is due to the lack of optimal service from the sub-district government apparatus itself. The purpose of this study was to find out the Services for Domicile Certificates in the South Tatura Village Office, South Palu District, Palu City. The informants in this study were the apparatus of the South Tatura Village Office, South Palu District, Palu City. The research data consisted of primary data and secondary data obtained directly through field research (interviews). Data were analyzed using the results of interviews with the South Tatura Village Office, South Palu District, Palu City, namely the Lurah, Lurah Secretary, staff, and the community as service users. The results showed that to find out the Services for Domicile Certificates in the South Tatura Village Office, South Palu District, Palu City, the author chose the theory that was considered more suitable to be applied to government organizations, in this case, in the South Tatura Village Office, South Palu District, Palu City, if implemented simultaneously it would good service quality is realized, is the theory of Parasuraman Theory cited by Nogi S (1988: 69), namely: Reliability, Responsiveness, and Assurance. What became the focus of the informants from the results of interviews from the apparatus itself and from the community as service users who were considered not optimal in the implementation of services, namely the aspects of Reliability and Responsiveness were not maximized where this factor was human resources (apparatus). The influencing factors are the ability of human resources which is an important aspect of the smooth functioning of public services in organizations.
Pelaksanaan pelayanan publik pada tingkat pemerintah kelurahan merupakan ujung tombak dalam pelayanan prima pada masyarakat, namun sayangnya kualitas pelayanan pada tingkat kelurahan banyak mendapat sorotan tajam dari pengguna jasa layanan yaitu masyarakat, hal ini disebabkan oleh kurang maksimal pelayanan dari aparatur pemerintah kelurahan itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelayanan Surat Keterangan Domisili Di Kantor Kelurahan Tatura Selatan Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Informan dalam penelitian ini adalah aparatur kantor Kelurahan Tatura Selatan Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh langsung melalui penelitian lapangan (wawancara) Data dianalisis dengan menggunakan hasil wawancara dengan pihak Kantor Kelurahan Tatura Selatan Kecamatan Palu Selatan Kota Palu yaitu Lurah, Sekretaris Lurah, Staf, dan masyarakat sebagai pengguna layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Untuk mengetahui Pelayanan Surat Keterangan Domisili Di Kantor Kelurahan Tatura Selatan Kecamatan Palu Selatan Kota Palu Penulis memilih Teori yang dianggap lebih cocok diterapkan pada organisasi pemerintahan dalam hal ini Di Kantor Kelurahan Tatura Selatan Kecamatan Palu Selatan Kota Palu, jika dilaksanakan secara bersamaan akan terwujud kualitas pelayanan yang baik, adalah teori Teori Parasuraman yang dikutip oleh Nogi S (1988: 69) yakni: Keandalan, Daya Tanggap, dan Jaminan. Yang menjadi sorotan informan dari hasil wawancara dari aparatur itu sendiri dan dari masyarakat sebagai pengguna layanan yang dianggap belum optimal dalam pelaksanaannya pelayanan yaitu aspek Keandalan dan Daya Tanggap belum maksimal dimana hal ini faktornya adalah sumber daya manusianya (aparatur). Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu kemampuan sumber daya manusia yang menjadi aspek penting terhadap kelancaran Pelayanan publik dalam organisasi.
Referensi
Hadi Sutopo, Ariesto dan Adrianus Arief. 2010. Terampil Mengolah Data Kualitatif dengan Nvivo. Jakarta : Kencana.
Handayaninggrit, Soewarno. 1975. Pokok-pokok Administrasi Pemerintahan di Indonesia. Jakarta : STIAN.
P.J Bouman. 1984. Ilmu Masyarakat. Jakarta : Balai Pustaka.
Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Alfabeta.
Peraturan Daerah Kota Palu Nomor 7 Tahun 2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan
Peraturan Pemerintah Nomor 73 tahun 2005 tentang Kelurahan
Prawirosentono, Suryadi. 1999. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta : BPFE.
Prawirosentono, Suryadi.. 1997. Kebijakan Karyawan. Yogyakarta : BPFE UGM.
Ruslan, Rosadi. 2010. Metode Penelitian: Public Ralations & Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pers.
Saksono, Slamet. 1995. Administrasi Kepegawaian Indonesia. Yogyakarta : Kanisius.
Saparin, Sumber. 1979. Tata Pemerintahan dan Administrasi Pemerintahan Desa. Jakarta : Ghali Indonesia.
Serdamayanti. 2004. Pengembangan Kepribadian Pegawai. Bandung : Mandar Maju.
Suhandi Idup. 2000. Kebijakan Pelayanan Aparatur Negara. Jakarta : LAN RI.
Undang-undang No. 23 Tahun 2014, Tentang Pemerintahan Daerah.
Undang-undang No. 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara
W.J.S Poerwadarminta. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Yudoyono, dkk. 2000. Materi Kuliah Perencanaan Peningkatan Kinerja. Makassar : Program Magister Administrasi.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.